Chating

Tuesday, April 30, 2013

menyambung dan mencabang kabel



A.    MENYAMBUNG KABEL
 1.    Menyambung Kabel Cara Ekor Babi
Menyambung kabel dengan cara ekor babi adalah cara menyambung kabel yang paling sederhana dan mudah untuk dipraktekkan. Sambungan ini digunakan untuk menyambung dua kabel atau lebih. Sambungan ekor babi ini sering di jumpai pada kotak sambung instalasi rumah dan biasanya di pasangi lasdop sebagai isolasinya.
Menyambung cara ekor babi
a.       Sambungan Ekor Babi (pig tail)

2.    Menyambung Kabel Cara Puntir
Menyambung kabel dengan cara puntir ini adalah menyambung kabel yang tingkat kesulitannya di atas menyambung cara ekor babi. Sambungan ini untuk menyambung dua atau lebih kabel dengan bentuk lurus. Menyambung dengan cara puntir ini di bagi dengan dua cara yaitu Bell Hangers dan Western Union. Pada prinsipnya ke dua sambungan ini sama yang membedakan adalah jumlah puntiran yang membagi sambungan. Sambungan ini biasanya terdapat pada instansi penerangan dalam rumah.
Samb Bell hangers

Samb Western Union
a.       Bell Hangers

b.      Western Union


3.    Menyambung Kabel Cara Bolak - Balik ( turn back )
Menyambung Kabel dengan cara bolak – balik ini bertujuan untuk mendapatkan sambungan kabel yang lebih kuat terhadap rentangan maupun tarikan. Cara pembuatannya hampir sama dengan menyambung puntir. Perbedaannya terletak pada bentuknya yang panjang dan bervarisai.
Samb bolak-balik
a.       Menyambung Kabel Bolak – Balik

B.       MENCABANG KABEL

1.         Mencabang datar
Pada kabel yang panjang dan ketika kita membutuhkan percabangan maka tidak perlu memutus kabel tersebut, cukup dengan mencabangnya  dengan cara mencabang datar. Percabangan ini di bagi 2 macam yaitu  plain joint dan plain cros joint.
Plain joint

Plain cross joint
a.       plain joint

b.      plain cros joint

2.       Mencabang simpul
Pada percabangan kabel ini hampir sama dengan mencabang datar. Perbedaannya terleteak pada sambungan kabel yang di tambahi dengan simpul sehingga sambungan akan lebih kuat terhadap tarikan. Percabangan ini di bagi 2 macam yaitu knotted tap joint dan knotted tap cros joint.
knoted tap joint

knoted tap cross joint
a.       knotted tap joint

b.      knotted tap cros joint

0 comments: